Tips Belanja Online

By | 23 April 2015

Tips Belanja Online

Tips Belanja Online – Bagi anda yang suka berbelanja online atau yang ingin berbelanja online pertama kali tentunya harus mengetahui cara dan juga bisa membedakan mana yang benar-benar aman dan mana yang menipu, di zaman sekarang ini toko-toko online sudah sangat menjamur dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan untuk memikat calon pembeli.

Tetapi ada saja pihak yang berniat buruk memanfaatkan situasi ini, dimana toko online yang menipu pun ikut menjamur. Sebagai konsumen kita harus cerdas untuk memilih online store yang jujur dan berkualitas.   Berikut ini deTutorial.com akan memberikan Tips Belanja Online yang aman serta mengetahui ciri-ciri online store penipu dan yang asli

Toko Online Asli

Klik Untuk Membuka

1. Perhatikan alamat situs dari toko online tersebut

Jika situs tersebut awalannya HTTPS. Secara logika jarang sekali jika sampai ada penipu harus mengeluarkan dana hanya untuk membeli sertifikat SSL, belum lagi persyaratan untuk mendapatkan sertifkat tersebut sangat lengkap.

2. Perhatikan akhiran dari situs

Jika situs tersebut berakhiran CO.ID anda bisa percaya 100%, asalannya karena persyaratan untuk mendapatkan domain dengan akhiran CO.ID sangat lengkap, yaitu:

  • Akte Notaris (bila tidak ada SIUP)
  • SIUP
  • Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten (bila memakai merek terkenal)
  • Kartu Identitas Penerima Kuasa (KTP/ SIM/ Pasport)

Dari persyaratan di atas tentunya sangat tidak mungkin jika seorang penipu sampai repot-repot membuat sebuah situs dengan akhiran CO.ID untuk menipu karena akan sangat mudah melacak keberadaannya.

3. Perhatikan review dari para pembeli

4. Biasakan mengetik nama situs di google dengan format Review Situs A, perhatikan apakah ada postingan-postingan yang mengecewakan apa lagi berbau penipuan, jika ada anda patut berhati-hati.

5. Perhatikan testimonial dari penjualan

6. Gunakan Jasa Rekber

Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online. Sebenarnya rekber itu cuma istilah saja. Diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi kalau dagang online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER. Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jual beli yang nominalnya tinggi (mahal). Seperti jual beli handphone, laptop, dan elektronik lainnya.

Belanja Online

Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli. Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual. Toko jual beli online yang kami sarankan dan terpercaya adalah Lazada, Bhinneka, Zalora.

Toko Online Penipu

Klik Untuk Membuka

1. Biasanya situs nya gratisan (seperti blogspot, hole.us, dan lain-lain)

2. Tidak berani mencantumkan testimonial

3. Alamat tidak jelas

4. Harga terlalu jauh miring

5. Ketika di review banyak postingan yang mengatakan penipuan

Itu lah tips untuk Tips Belanja Onlinesemoga bermanfaat untuk anda dan tidak sampai tertipu saat berlanja online.

Hasil Pencarian:

Related Post

2 thoughts on “Tips Belanja Online

  1. Booker

    Hey, thanks for the truly amazing post. I feel a lot better after having read this.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + 1 =